Thursday, November 8, 2012

Pemenuhan Kebutuhan Handphone


  • Pendahuluan

     

    • Latar Belakang Masalah
      Dalam kasus ini setiap masyarakat membutuhkan suatu alat komunikasi yaitu berupa telekomunikasi atau handpone, baik digunakan sebagai alat pembicaraan atau sms. Di zaman yang sangat modern ini semua masyarakat membutuhkan komunikasi sebagai alat tercangih di zaman sekarang ini, baik yang harga nya mahal, murah dan terjangkau semua masyarakat membutuhkan alat komunikasi ini. Baik berbagai macam alat komunikasi handphone, seperti Blackberry, dan Handphone Smartphone Samsung Android semua masyarakat dan golongan memilikinya dengan teknologi yang cangih dan berkualitas serta penampilan dan modelnya yang sangat menarik serta banyak yang menggunakannya. Dengan harga yang sangat dikatakan mahal semua masyarakat banyak yang menggunakan, baik anak-anak, remaja dan dewasa banyak yang menggunakan layanan Blackberry dan Handphone Smarthone. Dengan banyaknya persaingan teknologi yang sangat ketat di zaman modern ini banyakya model-model handphone dan keugunaan serta penampilan yang sangat menarik dan warna serta kualitas penggunaannya.

     
  • Pembahasan

     

    Definisi tentang smartphone
    DEFINISi

      1. Merupakan suatu alat komunikasi atau telepon selular yang dilengkapi dengan organizer digital. Smartphone merupakan pengembangan dari telepon selular yang kemudian ditambahkan fitur dan fasilitas lainnya sehingga menjadi telepon yang cerdas dan disebut smartphone. http://kumpulan.info/tech/tips-teknologi/57-tips/160-tips-memilih-smartphone-atau-pdaphone.htm.

      2. ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Sebenarnya tidak ada definisi standar perusahaan mengenai smartphone. Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel. http://en.wikipedia.org/wiki/Smartphone.



Komunikasi adalah hal yang penting untuk kita semua. Tanpa ada komunikasi kita menjadi sulit untuk berhubungan dengan orang orang di sekitar kita seperti teman, dan keluarga. Di zaman modern seperti ini banyak alat untuk menunjang komunikasi agar kita lebih cepat terhubung dengan orang lain, alat itu disebut dengan alat telekomunikasi. Sekarang banyak sekali jenis dari alat komunikasi seperti pesawat telpon dan internet seiring dengan perkembangan zaman pesawat telpon sudah digantikan dengan handphone karena bentuknya yang kecil dan mudah di bawa kemanapun tanpa menggunakan kabel telpon. Di kota besar seperti jakarta handphone seperti barang wajib yang dimiliki oleh setiap orang untuk dapat berkomunikasi. Bahkan akhir – akhir ini kebutuhan akan handphone meningkat secara drastis setelah banyak bermunculan merk handphone yang menawarkan harga yang cukup murah. Dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang pemenuhan kebutuhan handphone karena sekarang pemenuhan akan handphone sedang meningkat sesuai dengan fenomena yang terjadi saat ini.
Faktor yang mempengaruhi

Ada 2 faktor yang mempengaruhi pemenuhan kebutuhan handphone yaitu :
  1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi,psikografis, teknologi

  1. Faktor mikro

  • Perantara pemasaran
    perantara pemasaran adalah perusahaan perusahaan yang membantu perusahaan itu dalam promosi, penjualan dan distribusi barang-barangnya kepada para pembeli terakhir. Mereka ini meliputi para perantara, perusahaan distribusi fisik, lembaga-lembaga jasa pemasaran, dan perantara bidang keuangan. Misalnya seperti provider kartu yang mempromosikan merk handphone tertentu, agar masyarakat tertarik biasanya di berikan discount pada setiap produk handphone yang di promosikannya.
  • Pemasok
    Pemasok adalah perusahaan – perusahaan dan individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Contoh nya suatu produsen handphone menunjuk  PT. A untuk memasok bahan dasar palstik. Jadi PT. A harus memasok plastik untuk sang produsen Handphone.
  • Konsumen
    Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Disini adalah tangan terakhir dimana produk langsung diterima dan dipakai para pembeli nya.
  1. Faktor makro
  • Demografi
    Demografi berguna untuk mengidentifikasikan karakteristik populasi untuk menentukan siapa pelanggan potensial anda, dan menetukan area geografis dimana mereka menetap. Informasi ini dapat digunakan untuk usaha memasarkan produk anda. Artinya dengan memanfaatkan data demografi anda dapat melakukan usaha pemasaran dengan maksimal.
  • Psikografis
  • Adalah Cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasarkan psikografis dan perilaku. Psikografi meliputi lifestyle, kepribadian. Perilaku berupa sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk. Contoh nya orang orang disekitar si A sudah memakai smartphone maka si A ikut mengganti HP yang di punya menjadi smartphone akibat orang di sekitar nya.
  • Teknologi
    Perkembangan teknologi yang semakin jaman semakin canggih juga dapat menjadi peluang untuk menarik pelanggan. Pelanggan pasti akan mengikuti perkembangan teknologi agar lebih mudah melakukan komunikasi. Contoh handphone semakin lama makin tergeser oleh smartphone karna smartphone mempunyai fitur lebih di banding handphone biasa.
Faktor pendukung

ada beberapa hal yang mendukung dalam proses pemenuhan kebutuhan handphone antara lain:
  • Kebutuhan masyarakat
    Di zaman modern seperti ini kebutuhan untuk saling berkomunikasi antar individu sangat lah penting bagi masyarakat kota. Tak bisa di pungkiri seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi alat komunikasi seperti handphone adalah alat yang sangat dibuthkan oleh masyarakatuntuk berkomunikasi. Lama kelamaan ini akan menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat umum khususnya masyarakat perkotaan mengingat sangat penting nya komunikasi diantara mereka, hal ini akan mendorong seseorang untuk membeli produk ini.

     
  • Fungsi dan Efisiensi
    Dalam perkembangan nya komunikasi bisa terjadi dimana saja dan kapan saja oleh karna itu diperlukanlah alat telekomunikasi yang bisa di bawa kemana saja karena kita tidak bisa membawa pesawat telpon kemanapun karna bentuk nya yang besar dan di sertai kabel penghubung. Oleh karena itu handphone banyak dipilih oleh masyarakat karena faktor efisiensi mengingat bentuk handphone yang kecil serta dapat dibawa kemana saja dan fungsi dari benda ini yang dapat menjadi alat komunikasi dengan orang orang di sekitar kita tanpa menggunakan kabel dan ini menjadi salah satu faktor masyarakat menggunakan handphone sebagai alat komunikasi.
  • Distribusi
    Jika dahulu pendistribusian produk menjadi masalah untuk produsen karena letak distributor yang berada di tempat yang jauh serta langkanya distributor di dekat daerah pemasaran sekarang tidak berlaku lagi. Banyak distributor handphone yang bermunculan di sekitar kota atau bahkan muncul di dalam kota dengan disertai jumlah distributor yang banyak membuat pengiriman produk handphone ini menjadi cepat dan mudah, hal ini dapat juga menekan biaya produksi yangdapat berpengaruh terhadap harga yang menjadi lebih murah. Masalah distribusi kini bukan masalah lagi mengingat banyaknya distributor dan tempatnya yang berdekatan dengan kota.
Faktor penghambat

Disamping dari faktor pendukung pemenuhan kebutuhan handphone ada juga faktor yang menghambatnya antara lain:
  • Persaingan
    Beberapa tahun ini kebutuhan masyarakat akan produk handphone sangatlah tinggi, hal ini bisa dilihat para produsen handphone baru dan dijadikan lahan untuk memproduksi handphone yang menawarkan kecanggihan pada berbagai macam produk handphone yang akan bersaing di pasaran.banyak produsen handphone yang selalu mengembangkan produk yang lebih canggih dan harga lebih murah dari pada pesaing nya. hal itu dilakukan untuk menarik pelanggan karena pelanggan mudah tergiur dengan harga yang murah dan fitur bagus, hal ini membuat persaingan antar produsen handphone semakin ketat lagi, dalam persaingan yang ketat produsen handphone lama – lama akan kehabisan pasar. Persaingan yang ketat akan menghambat penjualan terhadap produk handphone ini.
  • Faktor produksi dari luar negeri
    Salah satu faktor penghambat lainnya adalah faktor produksi handphone   yang berasal dari luar negeri dapat menghambat perkembangan industri handphone karena faktor produksi yang di datangkan dari luar negeri pasti menelan biaya produksi yang lebih mahal dan juga pengiriman faktor produksi yang berasal dari luar negeri akan menelan waktu yang lama karena dikirm langsung dari negara yang memproduksinya. Hal ini akan menyebabkan biaya produksi yang tinggi dan akan berpengaruh pada harga handphone yang di jual ke pasaran. Handphone yang di jual ke pasar pasti dengan harga yang tinggi, harga yang tinggi ini akan membuat para pelanggan enggan untuk membeli produk handphone tersebut.
Dari pernyataan – pernyataan dari tulisan di atas tentang proses pemenuhan kebutuhan handphone  ada satu kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu kebutuhan akan handphone di kota besar sangatlah tinggi. Bila dilihat dari beberapa aspek handphone sangat diminati karena, fungsi dan efisiensi nya untuk berkomunikasi jadi peran handphone untuk menjadi alat komunikasi di kota besar seperti jakarta sangatlah vital bila dilihat dari kebiasaan masyarakat kota besar yang menggunakan handphone untuk berhubungan sehari hari dengan orang disekitarnya.
Sumber : www.wartawarga.com / sumber refrensi http://google.com





 

Grafik market share smartphone berdasar hardware maker
Sumber: Canalys 2009 (diunduh dari http://www.appleinsider.com/articles/09/11/03/canalys_q3_2009_iphone_rim_taking_over_smartphone_market.html)

 

  • Contoh Kasus

     

    • Pemasok
      Contoh nya suatu produsen handphone menunjuk PT. A untuk memasok bahan dasar palstik. Jadi PT. A harus memasok plastik untuk sang produsen Handphone.
    • Teknologi
      Contoh handphone semakin lama makin tergeser oleh smartphone karna smartphone mempunyai fitur lebih di banding handphone biasa.
    • Psikografis
      Contoh nya orang orang disekitar si A sudah memakai smartphone maka si A ikut mengganti HP yang di punya menjadi smartphone akibat orang di sekitar nya.
Sumber :
  1. http://kumpulan.info/tech/tips-teknologi/57-tips/160-tips-memilih-smartphone-atau-pdaphone.html
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Smartphone
  3. Sumber : www.wartawarga.com / sumber refrensi http://google.com
  4. Sumber: Canalys 2009 (diunduh dari
  5. http://www.appleinsider.com/articles/09/11/03/canalys_q3_2009_iphone_rim_taking_over_smartphone_market.html)
  6. Adiningsih, S (2007), Persaingan Pada Industri Telepon Selular di Indonesia, diunduh dari
  7. http://st286324.sitekno.com/article/6528/persaingan-pada-industri-telepon-selular-diindonesia.html

No comments:

Post a Comment